Solusi WhatsApp Tidak Bisa Menerima Dan Mengirim Gambar Atau Video

Untuk memperbaiki whatsapp error bisa dilakukan dengan berbagai cara yang berbeda tergantung masalahnya, terkadang whatsapp tidak bisa menerima gambar atau tidak bisa mengirim foto tanpa penyebab yang jelas, kenapa bisa begitu? selain karena jaringan ponsel, masalah ini disebabkan karena hal lain dan tentunya dapat diperbaiki, tidak bisa menerima dan mengirim foto atau video di whatsapp adalah masalah yang harus segera di atasi.

Aplikasi perpesanan online yaitu Whatsapp sudah tidak asing terutama pengguna ponsel cerdas, karena hampir pengguna smartphone pasti memasang whatsapp dimenu ponselnya, yang berguna sebagai alat komunikasi elektronik, dimana kita bisa dengan mudah dan cepat mengirim file media seperti foto, video, musik dan lain lain ke sesama pengguna whatsapp lainnya.

Masalah ini juga sering Admin hadapi, awalnya sih tidak ada tanda-tanda error, namun setelah beberapa lama ketika ada teman yang mengirim gambar dan Admin coba untuk mengunduh gambar atau foto tersebut tetapi tidak bisa, dengan alasan “gagal mengunduh media” atau file yang Anda pilih bukan merupakan foto dan lain lain.
Wa atau whatsapp yang tidak bisa mengirim video ataupun foto sebenarnya bisa dengan mudah dan cepat diatasi, tidak sampai 5 menit juga Anda akan menyelesaikan masalah itu, tetapi jika belum tahu pasti akan kebingungan, nah pada kesempatan kali ini Admin akan bongkar tips mengatasi whatsapp tidak bisa mengunduh file media dengan trik jitu, simak tutorial berikut ini:

Cara Mengatasi Whatsapp Tidak Bisa Menerima Dan Mengirim Gambar Atau Video

  • Pertama, silakan Anda buka File Manager di ponsel Android atau perangkat lainnya yang mengalami masalah error pada WA (whatsapp) seperti judul artikel ini dan pilih penyimpanan Internal, karena penyimpanan whatsapp adalah di internal.
  • Jika sudah dibuka, scroll kebawah dan cari folder bertuliskan Whatsapp.
kenapa whatsapp tidak bisa menerima gambar
  • Sudah ketemu? selanjutnya hapus folder yang bertuliskan Data Base, perhatikan gambar dibawah ini:
Whatsapp Tidak Bisa Menerima Video
  • Terakhir, silakan buka kembali aplikasi WA diponsel Anda, lalu coba untuk mengunduh foto atau mengirim file media seperti video, musik atau yang lainnya, jika unduhan tidak gagal, berarticara ini berhasil.
Itu adalah solusi paling ampuh yang pernah Admin coba dan memang hasilnya benar benar bisa memperbaiki dan mengatasi masalah tersebut dengan waktu yang sangat singkat, karena hanya menghapus satu folder yang ada didalam folder whatsapp yaitu terpatnya adalah Data Base.

Baca artikel menarik berikut ini:

Cara Membuka Mengirim Pesan Ke Orang Yang Blokir Anda di Whatsapp
Tips Atasi Status Whatsapp Error Tidak Bisa Diputar
Rahasia Pada Whatsapp Yang Tidak Disadari!

Jika unduhan masih gagal, lalu apa yang harus saya lakukan?

Seperti yang Admin bilang sebelumnya, penyebabnya bukan hanya satu saja tetapi beberapa penyebab berbeda, oleh karena itu Admin tidak hanya memberikan satu tips saja, jika cara diatas masih gagal, Anda bisa mencoba cara lainnya seperti dibawah ini:

Solusi Lain Tidak Dapat Mengunduh Media di WhatsApp

  1. Periksa kapasitas penyimpanan ponsel Anda: seperti yang kita ketahui, whatsapp menyimpan berbagai file yang terkirim ke kita atau yang kita kirim kedalam penyimpanan internal ponsel, seperti foto, video dan media yang lainnya, tetapi jika sudah tidak ada ruang lagi, Anda tidak akan bisa mengunduh media yang orang lain kirim, solusinya adalah jangan sampai penyimpanan ponsel penuh.
  2. Mengatur Waktu/ Tanggal dengan benar: Anda bisa menonaktifkan penyesuaian waktu secara otomatis diponsel Anda, caranya silakan buka pengaturan > waktu dan tanggal lalu nonaktifkan zona waktu otomatis dan pastikan jam, tanggal, tahun diponsel Anda sudah diatur dengan benar, karena jika tidak sesuai, aplikasi whatsapp tidak akan bisa dijalankan.
  3. Membersihkan cache aplikasi Whatsapp: Setiap aplikasi banyak atau sedikit pasti meenyimpan cache yang lama lama menjadi banyak walaupun ini jarang dihiraukan, tetapi ini juga cukup berpengaruh, biasanya cache yang sudah penuh dapat mengakibatkan kinerja aplikasi menjadi kurang maksimal, cara membersihkannya mudah, bika pengaturan > aplikasi > whatsapp > hapus cache.
  4. Periksa kekuatan jaringan ponsel Anda: jaringan yang bermasalah sangat membuat pengaruh besar, karena jika jaringan sedang tidak stabil maka unduhan juga akan berlangsung lama bahkan gagal, masalah jaringan yang lambat bisa diatasi dengan beberapa tips yang sudah Admin buatkan artikelnya, baca artikel dibawah ini:
  5. Menyalakan ulang perangkat Anda: terakhir yang tidak boleh dilewatkan adalah dengan menyalakan ulang perangkat Anda, jika di smartphone biasa dibilang dengan Restart yang berfungsi untuk mengatasi kesalahan fungsi pada sistem smartphone dan salah satunya aplikasi yang bermasalah, Anda bisa dengan mudah menyalakan ulang dan mencoba kembali mengirim foto atau menerima foto di Whatsapp.

Baca Juga: Tips Memperkuat Jaringan Android

Tutorial diatas sangat bisa Anda praktekan sebagai solusi untuk whatsapp yang tidak bisa mengirim gambar dan menerima gambar, tips diatas sudah benar benar teruji dan memang berhasil, jadi jangan ragu ragu untuk langsung mencobanya ya, semoga artikel ini bermanfaat dan whatsapp Anda kembali normal tidak error lagi.

1 Komentar

  1. Pingback: Cara Mengatasi Whatsapp Di Blokir Secara Mudah - Inovatifku.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *