Tidak Bisa Install Apk di Xiaomi? Sst! Ini Solusinya

Tidak Bisa Install Apk di XiaomiHallo kawan! Selamat datang di Blog Tengku Tutorials! Kali ini yang akan dibahas adalah mengenai Smartphone Android yang sekarang sudah menjadi salah satu Android yang bisa dibilang berhasilan dan sudah banyak yang memakainya lho, apa lagi kalo bukan Xiaomi, walaupun ini keluaran baru tetapi karena kuliatas dan kuantitasnya yang lumayan bagus dapat mendobrak dan bisa bersaing dengan produk produk gadget legend seperti samsung dan yang lainnya, nah Tema kali ini adalah solusi untuk xiaomi yang tidak bisa instal aplikasi (Apk) kenapa? Tentunya ada beberapa sebab yang harus Anda tahu, selain itu masalah serupa yang sering terjadi adalah Android tidak bisa instal apk dari playstore, nah lho kenapa ni? Tenang saja, Tengku akan bantu untuk mengatasinya.
Jujur saja bagaimana jika xiaomi Anda tidak bisa instal aplikasi? Pasti Anda akan merasa risih kan pengen banting hpnya,bagaimana tidak kesal, hp yang tidak bisa instal aplikasi tentunya menjadi masalah yang besar karena kebanyakan orang yang memakai smartphone seperti xiaomi pasti menginstal beberapa aplikasi di ponselnya bukan? Jika selalu gagal saat instal apk Anda harus segera mencari solusi yang tepat untuk menyelesaikan masalah ini, sebenarnya sudah tidak asing lagi kalo smartphone pasti selalu ada Bugnya, baik kecil ataupun besar.

Tidak Bisa Install Apk di Xiaomi
Pixabay

Apa itu BUG? Sebelumnya Tengku sudah bahas bagaimana cara menghilangkan bug di xiaomi, nah lalu apasih yang dimaksud Bug itu? Apakah sangat berbahaya untuk ponsel? Jawabannya Bug adalah suatu kekurangan yang pada umunya sering terjadi pada sebuah perangkat atau yang lainnya, seperti contoh bug pada xiaomi adalah terkadang sinyal 4G yang hilang dan tidak bisa menginstal aplikasi baik dari luar playstore ataupun aplikasi yang didownload di playstore, nah kekurangan ini biasa disebut dengan Bug, sudah paham sampai sini?
Berbicara Tentang Bug pada xiaomi sebenarnya lumayan banyak, nah salah satu yang sering terjadi adalah kamera xiaomi tidak bisa mengambil gambar, itu adalah salah satu bug yang sering ditemukan pada smartphone xiaomi, namun biasanya bug akan semakin berkurang karena memang selalu diupdate atau diperbarui agar lebih baik lagi, selain itu, terkadang xiaomi tidak bisa memasang aplikasi, kenapa? Ya ini biaa disebabkan karena bug di xiaomi ataupun karena bug di aplikasi yang diinstallnya.
Selalu gagal saat memasang apk di Android memang sering terjadi, dan banyak yang mencari bagaimana sih solusi untuk masalah ini? Jadi begini, sebenarnya masalah itu bukan karena satu faktor saja, tetapi bisa disebabkan karena beberapa faktor, seperti yang Tengku katakan sebelumnya, bug ini bisa terjadi karena aplikasi yang memang tidak cocok dengan ponsel xiaomi Anda, ataupun karena Ponsel xiaomi Anda bermasalah, salah satu cara untuk mengetahuinya adalah coba Anda instal aplikasi serupa di hp serupa, jika bisa diinstal berarti hp xiaomi Anda yang bermasalah, mudah bukan?

Cara Mengatasi Tidak Bisa Install Apk di Xiaomi

Diartikel ini Tengku sudah merangkum beberapa cara agar Anda dapat memasang aplikasi kembali tanpa ada kegagalan sedikitpun, oh iya cara ini bisa dicoba untuk yang gagal memasang apk dari playstore ataupun apk diluar playstore, dan bisa juga dipraktekan bukan hanya untuk hp xiaomi saja, ini adalah cara umum dan pengguna Android lainnya bisa meniru cara ini, yuk simak baik baik.

1. Periksa Sisa Ruang Penyimpanan

Pasti Anda sudah tahu bahwa aplikasi yang diinstall membutuhkan ruang penyimpanan untuk tempat aplikasi tersebut agar bisa dijalankan secara normal tanpa kendala, nah banyak sekali aplikasi Android berbagai jenis dan berbagai ukuran, ada yang Mega Byte dan Giga Byte, apakah Anda tahu salah satu penyebab ponsel gagal pasang aplikasi adalah karena ruang penyimpanan yang kurang? Logikanya gini, jika sisa ruang penyimpanan 500MB sekadangkan Anda instal apk berukuran 1GB, apakah muat? Tentunya tidak, jika File apk lebih besar dari kapasitas maksimal ponsel maka tidak akan bisa terpasang.
Lalu bagaimana soluso terbaiknya? Jika memang benar penyimpanan sudah menipis, maka yang harus Anda lakukan adalah dengan menghapus file file yang menurut Anda sudah tidak penting lagi, atau uninstall apk yang sudah tidak terpakai, dan Anda juga bisa mengganti eksternal stroge dengan yang lebih besar lagi, jika Anda merasa sudah membersihkan file yang tidak terpakai tetapi penyimpanan tetap penuh, bisa jadi ada file sampah pada xiaomi Anda, nah bisa memanfaatkan aplikasi Cleaner untuk membersihkan file sampah pada hp xiaomi Anda agar penyimpanan tidak penuh dan apk bisa dipasang, selamat mencoba…

2. Coba Untuk Restart Xiaomi

Jika cara diatas belum berhasil alias masih gagal, Anda bisa mencoba cara yang kedua ini , cara ini simple namun bisa menjadi cara jitu, yaitu dengan menyalakan ulang ponsel Android xiaomi Ada, fitur menyalakan ulang atau restart berfungsi untuk merefresh atau menyegarkan smartphone atau perangkat lainnya yang direstart agar kinerjanya semakin membaik dan meningkat, nah biasanya masalah pada hp bisa disebabkan karena kesalahan sistem dan bisa diatasi dengan restart, jika apk gagal dipasang, Anda bisa untuk restart xiaomi dan coba untuk memasang aplikasinya kembali.

3. Periksa APK Yang di Install

Nah ingat dengan omongan Tengku yang sebelumnya? Selain karena xiaominya yang error, masalah ini juga bisa disebabkan karena memang apk yang Anda ingin instal itu tidak benar, bisa jadi masih dalam tahap BETA atau masih dalam tahap pembuatan yang belum rampung, atau karena saat Anda download belum selesai yang menyebabkan apk menjadi Corrupt dan akhirnya tidak bisa dinstall.

Selain karena apk yang corrupt, masalah yang lainnya adalah karena memang versi aplikasi yang ingin Anda instal tidak kompatibel dengan ponsel xiaomi yang Anda miliki, bisa jadi versi OS xiaomi Anda rendah, sedangkan mininal SDK yang Anda ingin instal lebih dari versi xiaomi yang Anda miliki, jadinya apknya nggak bisa dipasang deh, solusinya coba Anda download ulang Apknya sampai selesai, dan sebelum download biasakan melihat spesifikasi aplikasinya, apakah kompatibel dengan ponsel Anda atau tidak.

4. Update MIUI / Update Perangkat

Solusi tidak bisa install apk di xiaomi yang keempat adalah dengan mencoba update MIUI atau memperbarui sistem ponsel xiaomi Anda, apakah Anda pernah mendapatkan notifikasi dengan pesan ” File Update Tersedia” ? Jika iya maka coba untuk memperbarui xiaomi Anda, tujuan update adalah memperbarui sistem perangkat dan mencoba untuk fix bug bug yang sebelumnya memang sudah ada, namun kekurangan yang sering terjadi karena update MIUI adalah sinyal 4G hilang, kenapa? Tentunya karena kesalahan, tetapi tidak selalu hilang juga sih, jika dirasa sudah terlalu banyak BUG pada Android xiaomi Anda, maka sangat disarankan untuk melakukan update.

5. Download Apk Dari Playstore

Pada umumnya setiap Android sudah tersedia toko aplikasi online milik google yaitu Google Play Store yang didalamnya tersedia macam macam apk, game yang dijual oleh para developers apps, nah Playstore adalah penyedia apk untuk Android yang paling lengkap dan 100% Legal kecuali apk Mod, jika kita mendownload aplikasi di playstore biasanya akan terpasang secara otomatis apknya, nah jika apk di xiaomi tidak bisa diinstal, Anda bisa mendownloadnya lewat playstore jangan lewat  yang lainnya, karena playstore akan menginstal secara otomatis.
Kenapa dari playstore? Selain karena di install secara otomatis, apk yang tersedia diplaystore juga sangat aman untuk ponsel Anda, tidak ada apk yang merusak atau yang lainnya, jadi intinya aplikasi yang ada diplaystore adalah aplikasi pilihan, sedangkan yang diluar playstore biasanya sudah dimodif lagi ( MOD ) dan bahkan diisi virus, oleh karena itu disarankan download apk lewat playstore.

6. Flashing Xiaomi

Tengku rasa cukup dengan 6 cara saja, dan yang terakhir adalah dengan menginstal ulang sistem perangkat atau sering disebut dengan Flashing. apa itu yang dimaksud dengan Flashing? nah jika Anda ingin mengentahui penjelasan flashing, manfaat dan kerugiannya, Anda bisa membaca artikel sebelumnya karena memang sebelumnya Tengku sudah membuat artikel mengenai Flashing hp Android, nah cara ini sangat ampuh untuk menghilangkan bug pada hp xiaomi Anda, selalu gagal saat memasang apk memang bisa disebut Bug yang harus diselesaikan, nah untuk mengetahui tentang flashing, mari baca artikel dibawah ini.
Demikian artikel singkat mengenai solusi tidak bisa install apk di xiaomi, semoga artikel yang Tengku buat ini bermanfaat untuk Anda, jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya hanya di Blog Tengku Tutorials! semoga bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung, cara diatas bisa mengatasi masalah gagal saat pasang apk di semuaa Android yaa.. jadi bukan untuk xiaomi saja sebenarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *