Cara Mudah Mengatasi Tidak Bisa Live di Instagram

2 min read

tidak bisa live di instagram

Walaupun sudah ada sejak lama, sekitar tahun 2016, fitur Live di Instagram rupanya masih belum bisa dinikmati oleh semua pengguna, itu dikarenakan ada beberapa masalah yang mungkin mereka tidak sadari sehingga tidak bisa live di Instagram, tetapi tenang saja, disini kami akan memberikan solusinya.

Seharusnya untuk saat ini pengguna Instagram sudah bisa menggunakan fitur live, karena memang jika dihitung-hitung sudah cukup lama, fitur ini sudah ada sejak 4 tahun yang lalu, namun pada kenyataannya masih banyak yang mengeluhkan masalah tidak bisa siaran langsung di IG.

Jika diperhatikan, konsep live di instagram tidak jauh berbeda dengan yang ada di Facebook dan juga Periscope, jadi setiap ada yang melakukan siaran langsung akan ada pemberitahuan sehingga kita bisa langsung menonton live tersebut.

Namun ada sedikit perbedaan antara live Instagram dan sosial media lainnya, pihak Instagram hanya mengizinkan penggunanya melakukan siaran langsung dengan durasi maksimal 1 jam saja, sedangkan Facebook dan lainnya memiliki durasi lebih panjang lagi.

Bagi Anda yang sudah terlanjur kecewa karena tidak bisa ikut menikmati fitur kekinian ini, dengan senang hati kami akan membantu memberitahu penyebab dan solusi kenapa tidak bisa live di instagram, untuk pembahasan lengkapnya ada pada ulasan dibawah ini:

Cara Mengatasi Tidak Bisa Live di Instagram

1. Reboot Smartphone

Bagi Anda pengguna Smartphone Android ataupun iOS jika menemukan masalah pada live IG jangan dulu panik, langkah pertama yang harus dicoba adalah dengan menyalakan Smartphone terlebih dahulu, itu bisa jadi masalahnya ada pada ponsel, bukan akun Instagram Anda.

Tidak jarang permasalahan pada Instagram bisa diatasi hanya dengan melakukan Restart saja, jika perlu matikan ponsel dengan cara mencabut baterai, sim card dan juga sd card, tunggu beberapa menit lalu coba untuk menyalakannya lagi.

Baca juga: Cara Membuat Filter Instagram Sendiri

2. Minimal OS Android 5.1 (Lollipop)

Anda pengguna Android dengan OS dibawah Lollipop? pantes saja, karena fitur Live Instagram hanya mendukung Android dengan sistem operasi diatas itu, jadi jika Anda masih menggunakan dibawahya, seperti Jellybean atau Kitkat, silakan lakukan Update OS terlebih dahulu, bisa menggunakan Custom Rom.

3. Instal Instagram Versi Terbaru

Ini adalah salah satu langkah wajib, pastikan Anda sudah memasang aplikasi Instagram versi terbaru ya, jangan sampai sudah bertahun-tahun aplikasi itu belum juga Anda update, karena akan ketinggalan fitur-fitur baru, termasuk Live Instagram.

Usahakan setiap ada notifikasi pembaruan aplikasi, jika ada kuoata segera update, karena pembaruan tersebut biasanya sudah dilengkapi dengan fitur baru, dan masalah (bug) pada versi sebelumnya sudah diperbaiki, jadi silakan gunakan Instagram latest version.

4. Paksa Berhenti dan Hapus Data

Setelah dipastikan bahwa aplikasi IG sudah versi terbaru namun tetap tidak bisa melakukan live, itu berarti ada masalah pada aplikasi tersebut, bisa jadi tidak kompatibel dengan perangkat smartphone Anda.

Tidak ada salahnya untuk mencoba tips menghapus data aplikasi tersebut, lalu klik paksa berhenti, untuk melakukannya silakan buka Pengaturan > Aplikasi Terinstal > Instagram > lalu pilih Hapus Data dan Paksa Berhenti (Force Stop)

5. Cek Koneksi Internet

Seperti yang diketahui, untuk melakukan live Instagram membutuhkan kuota data yang cukup besar dan koneksi internet yang stabil, jika memang provider yang Anda gunakan sedang ada gangguan, kami sarankan untuk menunggu sampai jaringan benar-benar stabil.

Tetapi jika sudah menunggu lama tetap tidak ada perubahan, cobalah untuk merefresh sinyal dengan cara mengaktifkan mode pesawat selama 10 detik, lalu menonaktifkannya lagi, Anda juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengukur kecepatan internet.

6. Instal Ulang Instagram

Versi terbaru sudah, hapus data dan paksa berhenti juga sudah, tapi kenapa masih tetap tidak bisa live di IG? sabar dulu, Anda belum mencoba tips yang kelima ini, yaitu menginstal ulang aplikasi IG, jadi singkatnya Anda harus mencopot pemasangan, lalu mengunduh ulang, cara ini seringkali berhasil.

Baca juga: Cara Mengatasi Komentar Instagram yang Diblokir

Selain 6 tips diatas, masih banyak lagi yang bisa Anda coba, seperti mengecek kapasitas penyimpanan ponsel, apakah masih ada ruang atau sudah terlalu penuh, selain itu juga Anda bisa mencoba login ulang Instagram, jadi jangan menyerah ya!

Nah itulah 6 tips yang bisa Anda coba untuk mengatasi tidak bisa live di Instagram, kami harap setelah mengikuti tutorial diatas, masalah live IG Anda bisa langsung teratasi, yuk baca artikel menarik lainnya hanya di Inovatifku, terimakasih.

Cara Mengatasi Instagram Tidak Bisa Dibuka Ampuh

Cara Mengatasi Instagram Tidak Bisa Dibuka – Hallo kawan! Selamat datang di Tengk Tutorial, Blg yang berisi artikel artikel bermanfaat, dan mudah dipahami, dibuat...
Yoga Perdana Saputra
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *