Tips dan Strategi Usaha Sembako dengan Modal 5 Juta

Memulai usaha sembako dengan modal 5 juta bisa dikatakan susah-susah gampang. Susah jika anda tidak mengetahui bagaimana strategi yang harus dijalankan. Jika dilihat dari modal, memang dengan jumlah 5 juta rupiah tergolong minim untuk digunakan sebagai toko sembako. Dimana harga sembako saat ini tergolong mahal, sebut saja beras dengan rata-rata 10 ribu per kilo. Belum lagi gula, minyak, dan bahan pokok lainnya yang pasti bisa melebihi modal tersebut.

Satu-satunya cara yaitu merintis dari awal dengan jumlah yang kecil dulu. Maksudnya, tidak perlu membeli sembako dalam jumlah banyak sekaligus. Perlahan tapi pasti, sambil menunggu keuntungan yang didapat untuk memperbesar usaha jualan. Dengan demikian, bukan tidak mungkin anda bisa membuka cabang suatu saat nanti.

Baca Juga : Usaha Bisnis Online Modal Kecil di Tahun Ini

Di sinilah tantangan yang harus dihadapi sebagai penjual sembako dengan modal minim. Bagaimana cara mendapatkan keuntungan dalam waktu singkat agar bisa mengembangkan toko yang dijalankan. Sebagian pengusaha mundur karena tidak menjalankan strategi penting. Jika anda hanya mengikuti ambisi, sebaiknya tidak meneruskan usaha yang satu ini, karena kesabaran adalah kunci kesuksesannya.

Strategi Menjalankan Usaha Sembako dengan Modal 5 Juta

Warung sembako biasanya dikenal juga dengan nama toko kelontong, dimana bukan hanya bahan pokok saja yang dijual, melainkan juga produk kebutuhan sehari-hari. Supaya anda sukses menjalankan usaha sembako dengan modal 5 juta, pastikan melakukan hal penting berikut !

Persiapan Toko

Dengan modal minim, strategi pertama yang harus dipersiapkan yaitu dengan menekan biaya operasional. Mempersiapkan toko atau tempat usaha tidak perlu terlalu mewah, anda bisa mengabaikan hal yang tidak penting. Hal ini dilakukan agar bisa memperbanyak koleksi dagangan.

Tidak perlu etalase, dimana harga paling murah sekitar 500 ribu untuk ukuran kecil. Lebih baik gunakan rak kayu dengan metode pengecatan sempurna sebagai gantinya. Dengan demikian, satu biaya operasional sudah bisa ditekan.

Baca Juga : Peluang Usaha yang Belum Banyak Pesaing Berpotensi Untung Besar

Untuk perlengkapan wajib lain seperti ember, timbangan, gantungan DLL, anda bisa membelinya bekas. Banyak yang menyediakan barang tersebut dengan kondisi masih bagus, salah satunya melalui toko online.

Siapkan Barang Dagangan

Saat ini modal anda bukan lagi 5 juta bukan? Karena sudah terpotong oleh biaya persiapan toko diatas. Oleh sebab itu, anda haru benar-benar memperhatikan barang apa akan dijual nantinya. Pilih barang yang dibutuhkan setiap hari meskipun keuntungannya tidak terlalu banyak.

Di sini kita masih membutuhkan perputaran uang untuk digunakan sebagai modal lagi. Sementara anda bisa mengabaikan barang dagangan lain yang tidak penting. Sisa modal yang ada saat ini harus dimaksimalkan untuk kebutuhan yang paling mendasar.

Membuat Pembukuan Warung Sembako

Tidak banyak yang dilakukan ketika membuka usaha sembako dengan modal 5 juta. Membuat pembukuan warung sembako sebagai rincian barang dagangan sangat penting dilakukan untuk mengetahui perputaran dan juga barang apa yang laris terjual. Jika sudah mengetahuinya, anda bisa melebihkan pembeliannya untuk dijual kembali.

Fungsi lain dari rincian barang yaitu untuk memprioritaskan barang utama ketika awal melakukan pembelian. Jika ada modal lebih, anda bisa membeli barang dagangan lain, atau jug bisa melebihkan jumlah dari bahan pokok yang dijual.

Cari Distributor

Menentukan distributor bisa menjadi faktor utama kesuksesan dagangan anda. Harga murah sudah pasti wajib didahulukan agar anda bisa menjualnya kembali dengan keuntungan lebih. Memang tergolong tidak mudah dalam menentukan distributor, namun kunci utama yang harus diperhatikan yaitu membeli dari tangan pertama.

Rekomendasi : Daftar Franchise Minuman Modal 1 Juta dan Strategi Bisnisnya

Anda tentu kesulitan jika langsung membelinya dari produsen bukan? Alternatif selanjutnya yaitu dengan membeli sembako dari setelah produsen. Cari distributor besar dengan koleksi dagangan lengkap, sehingga anda tidak perlu mencarinya ditempat lain. Biasanya juga ada diskon khusus jika anda membeli berbagai macam keperluan pokok rumah tangga tersebut.

Pelajari Kompetitor

Jangan harap bahwa anda sendirian dalam hal menjalankan usaha sembako dengan modal 5 juta. Banyak pesaing yang harus anda hadapi, itulah pentingnya untuk mempelajari dari setiap pergerakan yang mereka lakukan. Kenali harga jual kompetitor merupakan salah satunya.

Sangat bagus jika anda bisa menjual sembako dibawah harga pesaing, yang mana pasti konsumen lebih memilih belanja di toko anda. Jika tidak memungkinkan, samakan harga dengan kompetitor. Ingat, harga merupakan faktor utama dan paling awal dilihat konsumen, setelah itu baru kualitas produk.

Pelayanan Terbaik Usaha Sembako Modal 5 Juta

Jika harga tidak bisa digunakan untuk menyaingi kompetitor, pelayanan adalah satu-satunya cara. Pembeli lebih suka dengan pelayanan terbaik dan murah senyum, apalagi komunikasinya baik. Usahakan anda selalu konsisten dan memberikan pelayanan terbaik.

Lebih bagus lagi jika anda menyambut kedatangan mereka dengan menanyakan kebutuhan barang yang ingin dibeli. Artinya, jangan menunggu mereka mengatakan atau menanyakan terlebih dahulu. Hal ini membuat pembeli atau konsumen merasa dihargai, mungkin anda juga demikian jika sebagai posisi pembeli bukan?

Penutup

Demikianlah ulasan kami mengenai tips dan strategi menjalankan usaha sembako dengan modal 5 juta. Merintis usaha dari awal memang harus dilakukan agar mengetahui nilai perjuangan yang dilakukan. Modal kecil tidak masalah, asalkan sabar, tekun dan menggunakan strategi tepat, suatu saat bisa jadi berkembang.

Tinggalkan komentar