Cara Memperbaiki Tombol Home Android Rusak Tidak Berfungsi

tombol home android tidak berfungsi

Sampai saat ini masih banyak yang mencari bagaimana cara memperbaiki tombol home Android yang tidak berfungsi, karena salah satu kasus kerusakan smartphone yang sering sekali terjadi adalah fungsi tombol home yang terganggu, baik yang menggunakan layar sentuh, atau tombol fisik seperti HP Samsung.

Biasanya masalah pada tombol home android akan terjadi jika sudah terlalu lama digunakan, terutama yang masih menggunakan tombol fisik layaknya HP samsung yang tentunya tingkat kekuatan lebih rendah dibanding layar sentuh, tetapi walaupun demikian tetap saja keduanya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Bagi Anda yang mengalami masalah pada tombol home android yang rusak, jangan langsung memutuskan untuk menggantinya dengan yang baru sebelum mebaca artikel ini, karena kami akan memberikan cara mengatasi masalah home button android yang tidak berfungsi, berikut ulasan lengkapnya:

Cara Mengatasi Tombol Home Android Tidak Berfungsi

Anda bisa mencoba beberapa tips dibawah ini untuk memperbaiki tombol home yang rusak, yang harus Anda ketahui, tutorial dibawah ini hanya berlaku untuk tombol home android saja.

1. Restart Ponsel

Tips pertama yang bisa dicoba adalah dengan menyalakan ulang ponsel Android, hal ini bertujuan untuk menyegarkan sistem ponsel yang sudah lama dioperasikan, mungkin saja fungsi home button terganggu karena Android terlalu lama digunakan, multitasking dan menjalankan program-program atau aplikasi dengan ukuran yang lumayan besar.

Restart ponsel juga bermanfaat untuk meningkatkan kinerja smartphone yang sebelumnya lambat, dan bisa memperbaiki malfungsi sistem yang mungkin saja terjadi, oleh karena itu sebelum mencoba tips lain, yang pertama harus dilakukan adalah merestart Android Anda

2. Cabut Baterai Ponsel

Selain itu, Anda juga bisa mencabut baterai ponsel, sebelum dicabut pastikan ponsel sudah dimatikan terlebih dahulu, jangan langsung mencabut baterai dalam keadaan ponsel sedang menyala, karena kebiasaan ini dapat menyebabkan kerusakan pada ponsel tersebut.

Setelah baterai dicabut, biarkan untuk beberapa menit lalu coba untuk memasang dan menyalakannya lagi, hal ini bertujuan untuk memberi waktu istrahat ponsel yang mungkin sudah lama dinyalakan, selain itu juga untuk menghindari resiko overheat.

3. Jangan Mainkan HP Saat dicas

Ini adalah kebiasaan yang sering dilakukan banyak orang, yaitu memainkan hp dalam keadaan masih dicas, memang betul jika memainkan ponsel sambil dicas maka tidak akan ada kata lowbat, tetapi yang perlu diketahui, kebiasaan ini sangat berdampak buruk untuk Android kesayangan Anda.

Selain dapat membuat mesin menjadi panas, memainkan hp sambil dicharger juga bisa menyebabkan layar sentuh error dan terkadang bergerak sendiri, biasanya masalah ini terjadi karena charger yang digunakan tidak cocok untuk Android Anda.

Oleh karena itu, hindari kebiasaan buruk seperti ini, jika memang tombol home android tidak berfungsi hanya ketika ponsel dalam keadaan dicas saja, itu berarti letak masalahnya ada pada charger yang tidak cocok dengan HP Android Anda, atau mungkin tidak original.

4. Factory Reset

Cara ini sedikit lebih ekstream, karena mau tidak mau Anda harus mencoba untuk factory reset, dalam kata lain adalah mengembalikan pengaturan ponsel seperti semula, itu berarti semua aplikasi yang sudah terinstal dan data-data yang tersimpan akan hilang, kecuali Anda melakukan backup data terlebih dahulu.

Kerusakan sistem atau software bisa meyebabkan banyak masalah, salah satunya adalah membuat fungsi layar sentuh menjadi error, tombol home rusak, padahal tombol lainnya seperti Back dan menu tidak ada masalah.

Sebelum melakukan tips yang keempat ini, jangan lupa untuk mencadangkan data terlebih dahulu, bisa menggunakan SD Card atau memindahkannya sementara ke flashdisk dan laptop.

5. Menggunakan Aplikasi Pengganti Tombol Home

Sekarang ini sudah banyak aplikasi yang sangat berguna, yaitu dapat menggandakan fungsi tombol home, bagi pengguna HP Xiaomi atau HP terbaru lainnya, mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan fitur yang namanya Navigation Bar dan Easytouch, yaitu berfungsi sebagai tombol pintasan, salah satunya adalah home button.

Selain itu, rekomendasi aplikasi pihak ketiga yang dapat menggantikan tombol home yang rusak adalah Navigation Gesture, aplikasi ini bisa didapatkan secara gratis melalui google play store.

6. Ganti Layar Sentuh

Solusi terakhir adalah mengganti layar sentuhnya, jika tips diatas tidak ada yang berhasi, kemungkinan besar tombol home yang tidak berfungsi disebabkan karena layar sentuh yang sudah error, ada beberapa fungsi yang sudah rusak dan harus diganti.

Anda bisa membeli layar sentuh di online shop atau toko spartpart smartphone terdekat, agar lebih aman dan cepat, kami menyarankan Anda untuk menyerahkan masalah ini kepada ahlinya.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda coba untuk memperbaiki tombol home android tidak berfungsi, jika ada pertanyaan dan masukan bisa langsung ditulis pada kolom komentar, terimakasih dan semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *