Cara Mengatasi UBL Xiaomi Gagal (Stuck 99%)

2 min read

ubl xiaomi gagal

Sebagai informasi untuk Anda dan pembaca lainnya, saat ini ponsel xiaomi tidak lagi dijual dalam keadaan unlock bootloader (ubl) tetapi sekarang semua ponsel Xiaomi baru pasti masih dalam keadaan terkunci, ini bertujuan untuk meningkatkan keamanan ponsel, salah satunya adalah mencegah celah bagi malware.

Sebenarnya untuk membuka bootloader xiaomi bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan, sekarang sudah banyak tools yang berfungsi untuk membantu proses unlock bootloader, bahkan pihak xiaomi sendiri sudah menyediakan software khusus bagi penggunanya yang ingin UBL dengan mudah dan tentunya resmi.

Alasan banyak orang yang ingin UBL HP Xiaomi adalah memudahkannya untuk memodifikasi sistem, baik itu tampilan yang bisa diubah seperti merk ponsel lain dengan menggunakan Custom Rom, root Android untuk kebutuhan tertentu dan masih banyak lagi lainnya.

Walaupun Xiaomi sendiri sudah menyediakan alat UBL yaitu MI Flash Tools, bukan berarti proses UBL akan berhasil, nyatanya ada beberapa orang yang gagal UBL Xiaomi ketika sudah 99%, cukup nyesek, karena sudah nunggu lumayan lama dan ternyata gagal.

Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda coba untuk mengatasi Unlock Bootloader Xiaomi gagal stuck di 99%, agar tidak salah paham, kami menyarankan Anda untuk membaca artikel ini sampai selesai:

Cara Mengatasi UBL Xiaomi Gagal di 99%

Dibawah ini beberapa penyebab dan cara mengatasi masalah UBL gagal di HP xiaomi ketika menggunakan MI Flash tools, tutorial ini dibuat sesuai pengalaman Admin sendiri, So, Anda wajib untuk mencobanya!

1. Upgrade MI Flash Tool Versi Terbaru

Sekarang ini, sudah ada MI Flash Tool versi terbaru yang bisa diunduh secara gratis di Website resmi xiaomi, sudah banyak versi sebelumnya dari MI Flash Tool, fitur dan tampilan didalamnya juga sedikit berbeda, serta yang paling penting adalah tingkat keberhasilan UBL Xiaomi yang tinggi.

Bagi Anda yang masih menggunakan MI Flash Tool versi lama, disarankan untuk upgrade ke versi yang terbaru, karena kemungkinan gagal UBL disebabkan karena terdapat bug pada MI Flash Tool versi lama yang Anda gunakan.

2. Downgrade MI Flash Tool

Ini adalah pengalaman Admin ketika pertama kali mencoba untuk UBL Xiaomi, pertama Admin menggunakan MI Flash Tool versi terbaru, dan ketika dicoba selalu gagal dan stuck di 99%, setelah mencoba cara lain seperti menyalakan USB Debugging, GPS dan lain lain tetap saja hasilnya nihil, masih stuck 99%.

Akhirnya Admin mencoba untuk menggunakan versi MI Flash Tool yang lebih rendah, akhirnya setelah menunggu beberapa menit proses UBL langsung berhasil, tanpa adanya masalah lain, jadi jika Anda gagal ketika menggunakan versi terbaru, tidak ada salahnya untuk mencoba Downgrade MI Flash Tool.

3. Nonaktifkan Keamanan Ponsel

Selain itu, sebelum memulai untuk UBL pastikan Anda sudah menonaktifkan semua sistem keamanan ponsel, seperti kunci Pola, Sandi atau pun keamanan lainnya, intinya nonaktifkan fungsi keamanan pada pengaturan, karena ini dapat menghambat proses UBL Xiaomi.

4. Aktifkan USB Debugging & OEM Unlock

Jika cara diatas masih belum bisa, Anda harus mencoba untuk mengaktifkan USB debugging dan OEM Unlock yang berfungsi untuk memudahkan MI Flash Tool mengenali perangkat Anda, cara untuk megaktifkannya bisa dilakukan melalui pengaturan, berikut tutorialnya:

  • Pertama, buka Pengaturan Xiaomi Anda.
  • Kedua pilih opsi Tentang Ponsel > Lalu tap sebanyak 7 kali pada tulisan Versi MIUI sampai ada popup muncul “sekarang Anda sudah menjadi pengembang”
  • Setalah itu, keluar dari Tentang Ponsel, lalu scroll kebawah dan pilih Setelan Tambahan > Opsi Pengembang > lalu Aktifkan Debugging USB dan Buka Kunci OEM, selesai.

Setalah mengikuti langkah-langkah diatas, silakan Anda coba untuk UBL Xiaomi lagi, kami harap 4 tips diatas dapat mengatasi masalah UBL xiaomi yang stuck di 99%.

Demikianlah cara mengatasi UBL Xiaomi gagal di 99%, kesimpulannya ada 4 tips yang sudah kami rangkum diatas, jika ada pertanyaan atau masukan silakan tulis dikolom komentar bawah, semoga artikel ini bermanfaat!

Cara Riset Seller Amazon Ship Indonesia (Mudah)

Cara Riset Seller Amazon Ship Indonesia – Hallo kawan! Selamat datang di blog Tengku Tutorials! Kali ini Tengku akan membahas artikel tidak mengenai Android,...
Yoga Perdana Saputra
3 min read

Cara Mengatasi Hp Lenovo Sering Mati/Restart Sendiri

Cara Mengatasi Hp Lenovo Sering Mati/Restart Sendiri – Hallo kawan! Selamat datang di Blog Tengku Tutorials! Apa Anda tahu apa yang akan menjadi pembahasan...
Yoga Perdana Saputra
3 min read

Cara Menghilangkan Bug di Xiaomi Secara Cepat

Cara menghilangkan bug di xiaomi secara cepat – hallo kawan! Berjumpa lagi di blog Tengku Tutorials! Kali ini yang akan dibahas adalah all about...
Yoga Perdana Saputra
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *