Viral Christiano Ronaldo Geser Coca-cola, Kenapa Saham Coca-Cola Langsung Anjlok?

Christiano Ronaldo membuat geger netizen. Menjelang pertandingan Hongaria dan Portugal, tepatnya dalam konferensi pers Euro 2020, pemain Juventus tersebut menggeser dua botol Coca-cola di atas mejanya. Kemudian, ia mengangkat botol berisi air mineral sambil menceletuk, “minumlah air, bukan soda!” dengan ekspresi jengkel. Sontak, ini membuat dunia menjadi gaduh atas tingkahnya.

Euro 2021: Cristiano Ronaldo's gesture costs Coca Cola four billion dollars | Marca

Padahal Coca-cola menjadi salah satu sponsor Euro 2020. Pihak Coca-cola menanggapi ini dengan santai. “Setiap orang punya hak memilih minuman, karena mereka memiliki rasa dan kebutuhan sendiri,” tulis pihak Coca Cola dikutip The Sun. Sementara itu, Coca-cola juga telah memberikan alternatif minuman lain kepada pemain, yaitu air mineral. Sehingga pemain bebas memilih minuman yang diinginkannya.

Aksi Christiano Ronaldo yang sekilas itu, ternyata berdampak besar bagi Coca-cola. Saat pasar saham Eropa dibuka pada pukul 3.00 sore, saham Cola-Cola mendekati angka US$56,10 per lembar. Namun, setelah 30 menit kemudian, sahamnya terjun ke angka US$ 55,22 per lembar. Hal ini berarti saham tersebut turun 1,6% yang setara dengan kerugian  US$4 miliar atau Rp57 triliun.

Penyebab Saham Coca-Cola Anjlok

Selain mendunia sebagai pemain bola, Christiano Ronaldo juga dikenal sebagai influencer. Ini terbukti dari jumlah followers Instagram sebanyak 298 juta dengan engagement rate di kisaran 5%. Angka ini termasuk tinggi karena standar engagement rate Instagram di angka 3.5%.

Dengan jumlah fans yang besar dan fanatik, memungkinkan apapun yang diposting oleh sang idola memberikan kesan positif. Brand terkenal yang pernah dibawakan oleh Christian Ronaldo antara lain, Herbalife, Clear, bahkan Nike.

Brand awareness suatu produk bisa dipengaruhi oleh influencer. Saat Influencer memberikan rekomendasi kegiatan mereka, orang yang melihatnya bisa meningkat kepercayaannya bermodalkan dari kata-kata sang Influencer. Tjiptono (2008:21) menyatakan “keputusan pembelian adalah sebuah proses dimana konsumen mengenal masalahnya, mencari informasi mengenai produk atau merek tertentu dan mengevaluasi seberapa baik masing-masing alternatif tersebut dapat memecahkan masalahnya, yang kemudian mengarah kepada keputusan pembelian.”

Christiano Ronaldo dikenal sebagai figur yang peduli pada kesehatan. Maka wajar saja, jika aksi menggeser Coca-Cola dan memilih air mineral, begitu cepat menggelitik netizen. Cara sederhana Christiano Ronaldo yang ingin mengedukasi pentingnya gaya hidup sehat, nyatanya berhasil menyadarkan masyarakat dalam memilih minuman. Meski CR7 tidak langsung menjelaskan dampaknya bagi kesehatan, tetapi banyak mendapat apresiasi. Tentu Coca-cola perlu memasang strategi baru lagi untuk kembali menarik minat masyarakat terhadap Coca-cola.

Tinggalkan komentar