Wajib Download ! Game Edukasi Untuk Anak-Anak

2 min read

Game Edukasi Untuk Anak-Anak – Seiring berjalannya waktu, terjadi pergeseran minat pada masyarakat yang meliputi banyak aspek kehidupan sosial. Salah satunya adalah soal bermain.

Jika anak-anak era 90an kerap menghabiskan waktunya dengan bermain permainan yang bersifat konvensional, maka berbeda cerita dengan anak-anak zaman sekarang, yang menghabiskan waktunya cenderung dengan perangkat-perangkat gadget.

Entah itu sekedar bermain sosial media, menonton video, atau pun memainkan game di smartphone mereka.

Pada kesempatan kali ini, seperti judul yang telah Anda lihat, penulis telah menyusun beberapa daftar game edukasi, yang mungkin bisa untuk anda jadikan sebagai sarana atau media belajar bagi anak-anak disekitar Anda.

Baik itu anak Anda sendiri, anak tetangga, anak murid, asal jangan anak mantan. Takut terjadi hal yang tidak diinginkan. Baik, langsung saja simak daftar selengkapnya dibawah ini.

Game Edukasi Untuk Anak-Anak

1. Endless Alphabet

Game Udikasi Untuk Anak

Mungkin diantara kita masih ada yang ingatkan, bagaimana lagu pelafalan huruf-huruf alfabet? Nah, tidak jauh dari tidak jauh berbeda dengan lagu alfabet tersebut,

yang menjadi tujuan utama dari pengembangan game endless Alphabet ini adalah membantu Anak-anak dalam belajar sehingga dapat mengenal atau mengetahui huruf-huruf alfabet serta mampu memahami kosakata sederhana.

Baca Juga : 5 Rekomendasi Website Untuk Pembelajaran Jarak Jauh

Meski memiliki tujuan edukasi yang sama, ternyata endless Alphabet memiliki konsep edukasi yang jauh lebih inovatif bila dibandingkan dengan sekedar melafalkan huruf dengan nada-nada.

Bila kamu telah meng-install endless Alphabet, kamu pasti akan menyadari bahwa ada banyak sekali warna-warna menarik yang ditawarkan oleh pihak pengembang endless Alphabet.

Dan tentunya, keindahan warna warni yang divisualisasikan oleh endless Alphabet ini akan semakin membuat anak-anak fresh serta antusias dalam menerima pengajaran sambil bermain.

Bukan itu saja, permainan endless Alphabet ini juga tidak menerapkan sistem penilaian/klasemen, sehingga anak-anak tidak akan tertekan/khawatir dengan posisi yang dia dapatkan saat bermain.

2. Achieve it with Sesame Street

Game untuk pendidikan anak

Di Amerika Serikat, serial sesame Street cukup populer dengan karakter didalamnya yang bertugas mengedukasi anak-anak. Bukan hanya dalam serial TV saja, sesame Street ternyata juga di produksi dalam bentuk game,

yang memang dikhususkan untuk mengedukasi anak-anak tentang pengetahuan sehari-hari. Game edukasi ini diberi nama Achieve it with Sesame Street.

Dalam setiap gamesnya, Elmo dan teman-temannya akan mengajari anak-anak anda tentang pengetahuan sehari-hari, seperti: mengantri saat membeli, mengajarkan tentang bagaimana orang-orang bekerja menghasilkan uang, serta mengajarkan bagaimana untuk bersikap di setiap harinya.

Di dalam Achieve it with Sesame Street anak-anak akan belajar bersama dengan karakter dari serial sesame Street itu sendiri, seperti: Elmo, Cookie Monster, Big Bird, dan lain-lain.

3. Toddler Kids Puzzles PUZZINGO

Game edukasi anak yang ketiga adalah Toddler Kids Puzzles PUZZINGO. Dengan game ini anak-anak akan belajar tentang bagaimana menyelesaikan puzzle dengan cara yang menyenangkan.

Bahkan bukan hanya bermain puzzle saja, ditengah-tengah games akan muncul berbagai teka-teki menarik, yang nantinya akan membuat anak-anak tidak pernah bosan dalam memainkannya.

4. Animatch

Jika anda tertarik untuk melatih kecerdasan logika anak sejak dini, mungkin memperkenalkan game animatch adalah salah satu cara terbaik.

Mengapa? Karena di dalam game animatch ini anak-anak akan diajak untuk melatih kecerdasan logikanya dengan menyelesaikan (mencocokkan) susunan gambar klasik yang telah disesuaikan khusus untuk anak-anak.

Dan uniknya lagi, setiap kali anak-anak mengetuk ubin pada games ini, maka akan muncul suara hewan lucu. Ohiya, didalam game animatch ini anak-anak juga bisa melihat score atau nilai pencapaian mereka dengan grafik yang menggemaskan.

Meskipun secara khusus game ini melatih nalar/logika anak-anak, namun secara umum game animatch ini memberikan banyak nilai edukasi yang mampu mempertajam keterampilan kognitif, memperkuat daya ingat, serta meningkatkan daya konsentrasi.

5. Shape Builder Preschool Puzzle

Salah satu game edukasi anak yang paling recommended adalah Shape Builder Preschool Puzzle, dengan game ini anak-anak dapat belajar mengenal nama-nama benda dan rangkaian huruf alfabet dengan teka-teki unik yang friendly.

Bukan hanya menghadirkan efek audio yang profesional, diakhir games anak-anak juga dapat melihat score pencapaian mereka.

6. Petting Zoo

Selain membawa anak-anak ke kebun binatang, ternyata ada cara lain yang juga menyenangkan mereka, untuk tetap bisa mengenal berbagai jenis hewan tanpa harus keluar rumah.

Benar! Dengan aplikasi Petting Zoo anak-anak dapat mengenal 21 jenis hewan, lengkap dengan animasi, serta audio track yang menarik.

Jika ponsel anda cepat panas saat digunakan untuk bermain game, admin juga punya solusi yang tepat untuk Mengatasi Ponsel Cepat Panas Untuk Bermain Game

Memperkenalkan anak-anak dengan game edukasi memang bukan sebuah keharusan apalagi kewajiban. Akan tetapi, bila dengan game edukasi ternyata kita dapat meningkatkan potensi anak, tentu tidak ada salahnya (selama mampu mengawasi).

Karena dengan bimbingan yang tepat, ada banyak manfaat dari game edukasi yang bisa diperoleh anak-anak, seperti: mengajarkan anak tentang proses sebab-akibat, meningkatkan konsentrasi, melatih kemampuan motorik, mengenalkan pada anak bentuk, warna, nama hewan, buah-buahan, dan beragam pengetahuan sehari-hari.

Banyak sekali game edukasi untuk anak yang sudah ada di Google Play Store seperti : Game Edukasi Anak Paud, Game Edukasi Anak Lengkap, Game Edukasi Anak Hewan dan masih banyak lagi.

Yap, itu saja uraian daftar singkat kita seputar game edukasi untuk anak-anak. Semoga bermanfaat. Seperti biasa, please share artikel ini ke teman-teman kamu, agar mereka juga mengetahui apa yang kamu ketahui. Terima kasih dan salam..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *