13 Website Terbaik Untuk Belajar Pemrograman Coding Gratis

situs pemrograman website online gratis

Programming atau koding adalah kemampuan penting yang akhir-akhir ini banyak dipelajari orang. Dengna berkembangnya sebuah teknologi dan meningkatnya sebuah permintaan masyarakat akan perusahaan, belajar koding sekarang menjadi aset yang sangat berharga.

Kemampuan koding gak cuma dibutuhkan oleh pengembang aplikasi besar saja, kamu yang rajin nge-blog juga patut mempelajarinya biar situs atau blog kamu makin bagus.

Oleh sebab itu, disini kami rangkum daftar website yang menyediakan tutorial gratis untuk belajar bahasa pemrograman yang populer.

Website ini akan mengajarkanmu pemrograman dengan cara yang jauh lebih sederhana dan bebas biaya. Silahkan simak sampai selesai ya, supaya anda bisa mengetahui website apa saja yang bagus untuk belajar pemrograman atau coding.

13 Website Untuk Belajar Pemrograman Gratis

Situs website untuk belajar pemrograman untuk pemula

1.GitHub

Github seperti buku referensi untuk para coder. Github mampu memenuhi hampir semua keingintahuanmu. Semacam Kaskus-nya koding gitu.

Di Github ini kamu mampu menampilkan hasil kodingmu dan melakukan diskusi dengan pengguna lainnya. Faktanya, jika kamu programmer profesional, sebaiknya mulai membuat akun Github karena banyak industri kreatif mencari programmer handal di situs ini.

2. Code Academy

Code Academy merupakan website yang menawarkan banyak sekali tutorial yang berkaitan tentang belajar bahasa pemrograman yang berbeda, mulai dari Python, Java, dan C++ akan di bahas di website Code Academy ini.

Website ini melayani baik untuk pemula maupun programer menengah. Semua pelajaran dicurahkan dengan cara yang dapat kamu pahami tanpa harus kesusahan.

Code Academy mencakup dasar-dasar bahasa pemrograman seperti syntax, function, maupun class. Website Ini juga memungkinkan peserta untuk mengedit dan menjalankan kode mereka langsung di situs webnya.

3. W3School

W3Schools merupakan website yang sangat populer selain GitHub, intinya di W3S ini website yang mempelajari tentang teknologi web online.

Isinya mencakup tutorial dan referensi yang berkaitan dengan HTML, CSS, JavaScript, JSON, PHP, AngularJS, SQL, Bootstrap, Node.js, jQuery, XQuery, AJAX, dan XML. Sehingga membuat mereka menerima lebih dari 10 juta pengunjung setiap bulan.

Pemilik kursus ini adalah Refsnes Data dan diluncurkan pada tahun 1998. Namanya berasal dari World Wide Web tetapi tidak berafiliasi dengan W3C (World Wide Web Consortium). Perusahaan yang menjalankannya berlokasi di Norwegia.

W3Schools menyajikan ribuan contoh kode. Dengan menggunakan editor online, pembaca dapat mengedit contoh dan mengeksekusi kodenya di platform latihan.

4. Code Avengers

Perusahaan yang berbasis di Selandia Baru ini akan mengajarkan bahasa pemrograman dengan cara yang interaktif, karena memang tujuannya adalah mengajarkan pengguna bagaimana untuk koding permainan, aplikasi dan situs website dengan berbagai bahasa.

5. Code Camp

Jika kamu ingin bersenang-senang dan bermanfaat dalam waktu yang bersamaan, maka Free Code Camp adalah tempat yang tepat untukmu.

Di Code Camp banyak komunitas dari pelajar hingga programmer profesional yang bekerja sama untuk saling meningkatkan kemampuan agar mampu menyelesaikan sebuah aplikasi dengan gratis.

6. Hack.Pladge

Baca Juga : Menganal Bahasa Pemrograman C# dan Phython

Situs Hack.pladge cukup menarik karena banyak sekali kumpulan para developer yang sangat mendedikasikan kemampuan mereka untuk mengajati orang-orang untuk lebih jauh dalam mengenal bahasa pemrograman.

Yang lebih menarik dari situs ini adalah bahwa beberapa pengajarnya adalah orang-orang terkenal di dunia pemrograman.

Salah satunya adalah Bram Cohen, dia merupakan salah satu aggota yang selalu aktif dan orang yang menemukan BitTorrent dan dia sering memberikan hal yang positif di Hack.pledge, tentunya ini kesempatan yang sangat bagus.

7. Dicoding

Dicoding adalah website yang sangat di rekomendasikan untuk belajar pemrograman atau koding, disana banyak sekali rekomendasi koding mulai dari C++, C#, Java, PHP, bahkan pemrograman android.

Dan dicoding mengclaim sudah memiliki 2000 alumni yang saat ini sudah bekerja di berbagai perusahan teknologi terkemuka atau menjadi developer.

8. Codepolitan

Selanjutnya ada Codepolitan, atau website yang sedang buming dan sedang gencar-gencarnya mengadakan promosi, website codepolitan ini termasuk website yang admin rekomendasi untuk belajar koding untuk pemula.

Dengnan mengusung tema belajar koding Zero to Hero membuat website ini sangat di gemari oleh pemula, bahkan banyak anak sekolah yang memakai website codepolitan untuk belajar pemrograman mobile.

9. Sekolahkoding

Semakin berkembangnya teknologi banyak sekali sekolah yang membuat jurusan yang berkaitan dengan Koding atau pemrograman karena pasar yang mereka tuju adalah pasar global nantinya.

Sekolah koding menawarkan belajar pemrograman yang sangat menyenangkan, dengan mengusung tema Belajar Koding Daro Nol , dan selamat bergabung dengan 100 ribu teman lainnya di website ini.

Bahkan anda tidak perlu berlangganan untuk masuk dan mengetahui materi yang di ajarkan di sekolah koding, tentunya ini hal yang sangat positif untuk kalian para pelajar, karena tidak perlu mengeluarkan uang lagi.

Baca Juga : Perintah dasar SQL Basis Data Di Sertai Contoh

10. Petani Kode

Website untuk belajar pemrograman lainnya adalah Petanikode.com, website ini sudah membantu banyak sekali para programer untuk menyelesaikan bahkan untuk belajar pemrograman dari awal.

Anda bisa belajar pemrograman dari awal disini, mulai dari bahasa pemrograman Java, C#, C++, PHP, HTML, android, bahkan belajar pemrograman pascal pun di bahas di website ini.

Silahkan buka website ini untuk mengetahu lebih jauh.

11. Duniailkom

Situs

Website yang hampir sama dengan Petanikode, yang isinya tentang pembelajaran pemrograman yang sangat interaktif dan mudah di pahamimembuat Duniailkom menjadi salah satu website yang bagus.

Duniailkom juga banyak mengeluarkan seri buku untuk belajar pemrograma atau koding dan biasanya bisa di pakai menajadi acuan para pengajar dalam mengajar pemrograman atau koding.

12. Belajarphp

Website berikutnya untuk belajar pemrograman adalah Website PHP, di bangun bersama orang-orang expert menjadikan website belajarphp ini menjadi sarang para pemula untuk mengetahui bagaimana belajar pemrograman PHP.

Walaupun website ini di namai dengan nama php, tapi di dalam website ini membahas banyak sekali koding yang lain selain php, seperti Java, Android, Kotlin, dan bahkan adobe ada semuanya disini.

13. Codesaya

Platform website yang terakhir adalah Codesaya, di website ini anda bisa belajar pemrograman dan berduskusi dengna banyak pengguna, dan bahkan disini anda bisa mendapatkan lencana yang bagus jika anda aktif dalam membantu orang lain untuk belajar.

Codesaya juga merupakan forum diskusi yang bagus jika anda mengalami kendala dalam menjalankan program, maka codesaya menjadi salah satu alternatif untuk membenarkan koding yang error.

Itulah 13 Website yang sering digunakan untuk belajar pemrograman baik pemula, expert atau untuk memperbaiki koding yang salah. Anda bisa menggunakan salah satu dari website di atas.

Semoga artikel ini membantu anda semua dalam mencari revenrensi untuk belajar pemrograman baik pemrograman Java, PHP, Android, Phython dan masih banyak lagi. Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *