Cara Mengatasi Whatsapp Tidak Bisa Kirim Foto, Video & Dokumen

Whatsapp Tidak Bisa Kirim Media

Bagi pengguna Whatsapp yang sudah cukup lama menggunakan aplikasi ini pastinya pernah menemukan beberapa masalah yang terkadang membuat bingung untuk mengatasinya, salah satu masalah yang sering dialami adalah Whatsapp tidak bisa kirim media berupa Foto, Video ataupun Dokumen lainnya.

Biasanya, Whatsapp tidak bisa mengirim foto ditandai dengan notifikasi “file yang Anda pilih bukan merupakan foto” dan bukan hanya tidak bisa mengirim saja, Anda juga tidak akan bisa mengunduh media yang orang lain kirim.

Dengan menggunakan Whatsapp kita bisa dengan mudah mengirim sebuah file kepada sesama pengguna Whatsapp, ini adalah fungsi utamanya. Oleh karena itu jika whatsapp error tidak bisa mengirim media tentunya akan menghambat ketika ingin mengirim sesuatu kepengguna whatsapp lainnya.

Berikut ini kami akan memberikan tips bagaimana cara mengatasi Whatsapp tidak bisa kirim media dengan mudah dan cepat:

Cara Mengatasi Whatsapp Tidak Bisa Kirim Media

Terkadang ketika kita ingin mengirim media berupa Gambar, Video atau Dokumen lainnya dan terjadi kesalahan ketika ingin mengunduh file tersebut. Sebenarnya untuk mengatasi masalah seperti ini bisa dilakukan dengan mudah, berikut yang bisa Anda coba:

1. Hapus Data Whatsapp

Cara paling pertama yang bisa Anda coba adalah dengan membersihkan data pada aplikasi Whatsapp yang terinstal di smartphone, Alasannya setiap aplikasi pada umumnya menyimpan sebuah file pada folder smartphone Anda.

Jika Anda menginstall aplikasi Whatsapp pasti pada file manager ada sebuah folder yang diberi nama Whatsapp bukan? itu adalah folder yang berisi semua file yang Anda kirim atau Anda unduh, seperti Foto, Voice Note, Status Story dan masih banyak yang lainnya.

Semakin lama maka file tersebut akan semakin bertambah yang mengakibatkan terjadi Malfungsi pada aplikasi Whatsapp yang mengharuskan Anda untuk menghapus data, khususnya Folder Database yang letaknya ada didalam folder Whatsapp.

2. Periksa Kartu Memori

Seperti yang kita ketahui, tanpa terpasang kartu memori di ponsel tidak akan bisa menggunakan aplikasi Whatsapp, khususnya Anda tidak akan bisa mengirim dan menerima file dokumen dalam bentuk apapun.

Ini adalah penyebab yang jarang disadari oleh banyak orang. Biasanya kartu memori sudah terlalu penuh sehingga tidak ada lagi ruang yang tersisa yang menyebabkan pengunduhan Whatsapp selalu gagal.

Selain itu juga kartu memori bisa saja tidak terpasang sempurna, bisa karena ada kotoran dikuningannya (bisa dibersihkan menggunakan penghapus) ataupun karena pemasangan yang tidak tepat sehingga kartu memori tidak terbaca atau hanya masuk mode Write Only.

Kasus ini pernah kami alami, saat itu Whatsapp tidak bisa menerima dan mengirim file apapun dengan alasan File yang Anda pilih bukan merupakan dokumen, lalu kami mencoba untuk melepas dan memasang ulang kartu memori, akhirnya masalah ini tidak terjadi lagi.

Baca Juga: Cara Mengatasi Whatsapp Web Error

Demikian artikel singkat mengenai cara mengatasi Whatsapp tidak bisa kirim media. Kesimpulannya Anda bisa mencoba kedua cara diatas yang kami jamin 90% akan berhasil. Terimakasih sudah berkunjung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *